Thursday 9 October 2014

Cara mengendalikan amarah

Salah satu senjata setan untuk menyesatkan manusia adalah dengan amarah.kenapa karna dengan cara ini setan sangat mudah mengendalikan manusia.
Saat dikuasai amarah seseorang biasanya cendrung melakukan hal-hal yang buruk seperti ngomong jorok,menghina,merusak dan bahkan membunuh.
Untuk itu penting bagi kita memahami Cara mengendalikan amarah, supaya tidak dikuasai amarah dan dikendalikan oleh setan.
Adapun Cara mengendalikan amarah supaya kita tidak terjerumus kedalam dosa yang lebih besar,ada beberapa cara yang diajarkan dalam Al-qur'an dan Sunah.Semoga bisa menjadi obat yang mujarab bagi kita ketika sedang marah:
1. Segera memohon perlindungan Allah SWT dari godaan setan dengan membaca Ta'awudz : " A'UDZU BILLAHI MINAS SYAITOONIRROJIIM "
Karna sumber marah adalah setan maka godaannya bisa diredam dengan memohon perlindungan kepada Allah Swt.

2.Diam dan menjaga lisan.
Bawaan orang marah adalah berbicara tanpa aturan,sehingga bisa jadi dia berbicara sesuatu yang bisa menimbulkan murka Allah SWT.Maka dari itu diam adalah salah satu obat yang mujarab untuk meredam amarah dan perbuatan dosa.Dari Ibnu Abbas r.a,Rosullullah SAW bersabda : "Jika kalian marah,diamlah".( HR.Ahmad )

3.Mengambil posisi lebih rendah
Orang yang marah adalah orang yang kehilangan akal sehatnya maka apapun yang dilakukan cendrung membawa keburukan.Rosulullah SAW bersabda: " Apabila kalian marah,dan dia dalam posisi berdiri,hendaklah dia duduk.Karena dengan itu marahnya bisa hilang.Jika belum juga hilang,hendaklah dia mengambil posisi tidur". ( HR.Ahmad )

4.Ingatlah hadist ini ketika marah.Dari Muadz bin Anas Al-Juhani r.a.Rosulullah saw bersabda : "Siapa yang berusaha menahan amarahnya,padahal dia mampu meluapkannya,maka dia akan Allah panggil dihadapan seluruh makhluk pada hari kiamat,sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki". ( HR.Abu Daud dan Turmudzi )

5.Segera berwudlu atau mandi
Marah dari setan dan setan terbuat dari api maka padamkan dengan air yang dingin.Dari Urwah As-Sa'di r.a "Sesungguhnya marah itu dari setan,dan setan diciptakan dari api,dan api bisa dipadamkan dengan air.Apabilah kalian marah,hendaknya dia berwudlu".( HR.Ahmad dan Abu Daud )


Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Cara mengendalikan amarah
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini.Terima kasih Wassalamualaikum

No comments:

Post a Comment